Friday, September 4, 2009

Definisi Belajar


Ada banyak definisi tentang belajar yang diungkapkan oleh tokoh-tokoh ilmu pendidikan, ahli-ahli psikologi ataupun dari tokoh dari disiplin ilmu yang lain. Adapun definisi belajar dari tokoh tersebut antara lain :

  • Skinner (Barlow dalam Syah, 2002) berpendapat bahwa "learning is a process of progressive behavior adaptation"
  • Chaplin (Syah, 2002) membatasi belajar dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama berbunyi: ".......acquisition of any relatively permanent change in behavior as a result of practice and experience. Rumusan keduanya adalah "process of acquiring responses as a result of special practice"
  • Hintzman (Syah, 2002) berpendapat bahwa "learning is a change in organism due to experience which can affect the organism's behavior"
  • Wittig (Syah, 2002) mendefinisikan belajar sebagai : "any relatively permanent change in an organism's behavioral repertoire that occurs as a result of experience"
  • Jersild (Sagala, 2005) mengatakan bahwa belajar adalah "modification of behavior through experience and training", yaitu perubahan atau membawa akibat perubahan tingkah laku dalam pendidikan karena pengalaman dan latihan atau karena mengalami latihan.
  • Morgan (Sagala, 2005) mengatakan bahwa belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman.
  • Dimyati dan Mudjiono (Sagala, 2005) mengemukakan bahwa belajar merupakan tindakan dan perilaku siswa yang kompleks, sebagai tindakan belajar hanya dialami oleh siswa sendiri.
  • Gage (Sagala, 2005) berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman.
  • Garret (Sagala, 2005) berpendapat bahwa belajar merupakan proses yang berlangsung dalam jangka waktu lama melalui latihan maupun pengalaman yang membawa kepada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap suatu perangsang tertentu.
  • Crow (Sagala, 2005) mengemukakan bahwa belajar adalah upaya untuk memperoleh kebiasaan-kebiasaan, pengetahuan dan sikap-sikap.
  • Cronbach (Suryabrata, 2004) mengatakan bahwa "learning is shown by a change in behavior as a result of experience".
  • Spears (Suryabrata, 2004) mengatakan bahwa "learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction"
  • McGeoh (Suryabrata, 2004) mengatakan bahwa "learning is a change in performance a result of practice"
  • Hilgard (Suryabrata, 2004) mengatakan bahwa "learning is the process by which an activity originates or is changed through training procedures (whether in the laboratory or in the natural environment) as distinguised from change by factors not attributable to training"

Referensi :
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung, CV Alfabeta

Suryabrata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Edisi V. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Edisi Revisi, Cetakan 3. Jakarta, PT RajaGrafindo Persada

No comments:

Post a Comment